BERITA
  • 27 Mei 2021
  • 0 Komentar
  • 89 Kali Dilihat
Kadis Kominfo Pringsewu Mengikuti Rakor Smart Village Mandiri Pekon Waluyojati

Kadis Kominfo Pringsewu Drs. Samsir Kasim, M.Pd.I mengikuti kegiatan rapat koordinasi Smart Village Mandiri di Pekon Waluyojati, Kecamatan Pringsewu, kamis 27 Mei 2021. Turut mendampingi Kadis Kominfo yakni Kabid SPBE Gunawan Pratama, S.Kom., M.M., Kasi Infrastruktur SPBE Mahrizan Alrizkie, S.Kom., dan Kasi Informasi Publik Eko Waluyo, S.Kom.

Dalam sambutannya Kepala Pekon Waluyojati menyampaikan bahwa," Pekon Waluyojati dari segi letak geografis tidak begitu strategis, namun dengan adanya Smart Village yang dilakukan secara mandiri oleh pekon kami, nantinya diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Pekon Waluyojati", ungkap Gunawan.

Dalam kegiatan ini Pekon Waluyojati memaparkan Smart Village Mandiri yang telah berjalan diantaranya, website pekon yang sudah berdomain desa.id, fasilitas surat menyurat pelayanan administrasi desa yang juga bisa diakses melalui aplikasi android yang dapat diunduh di playstore, pasar digital, media sosial pekon, dan anjungan mandiri.

Kadis Kominfo dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa, "Dalam pelaksanaan Smart Village tidak bisa hanya Dinas Kominfo saja yang berperan, melainkan Seluruh OPD seperti Dinas Pendidikan dalam hal pendidikan masyarakat, Dinas Kesehatan dalam Hal Posko Kesehatan, Dinas Koperindag dalam hal UMKM, Dinas PU dalam infrastruktur fisik. Selain itu juga Pekon Waluyojati dapat membuat analisis SWOT terkait kekuatan yang ada serta kelemahan yang mungkin bisa didorong oleh OPD terkait," terang Samsir.

Samsir juga mengatakan bahwa, " Untuk Smart Village di Pekon Waluyojati, apakah sudah disosialisasikan dengan masyarakat sekitar, jika perlu dipersiapkan untuk melakukan ekspose di Pemda, agar nantinya dapat didorong oleh stakeholder sekaligus dapat menjadi Pilot Project untuk Smart Village pekon-pekon yang lain, karena sebagaimana kita ketahui tidak semua pekon menjadi lokus dari Program Smart Village dari Propinsi Lampung," tegasnya. Turut hadir dalam kegiatan ini yakni Komunitas IT Pringsewu (KOMIT), Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Pendamping desa, Tenaga Ahli desa, Para Bayan dan masyarakat setempat.

Acara dilanjutkan dengan diskusi untuk mendalami program Smart Village Mandiri yang ada di Pekon Waluyojati untuk dapat menerima masukan dan arahan dari stakeholder terkait agar dapat dipergunakan untuk penyempurnaan program tersebut. pewarta : Eko Waluyo