BERITA
  • 15 November 2019
  • 0 Komentar
  • 22 Kali Dilihat
MONITORING DAN EVALUASI PENGELOLAAN SIPP DAN SP4N-LAPOR SE-SUMATERA

JAKARTA - Bertempat di Harper Hotel Jakarta Timur dibuka oleh Sekretaris Deputi Pelayan Publik Bpk.Devi ananta, Ponco Prayitno Selaku Kepala Bidang Pelayanan Publik, dan Peserta dihadiri oleh seluruh Admin Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional 1. Karo/Kabag Organisasi 2. Kadis Kominfo/Inspektur 3. Admin Pelayanan OPD Disdukcapil 4. Admin Pelayanan RSUD 5. Admin Pelayanan Perizinan/Bapenda Se-Sumatera. (Jumat, 15/11/2019) Dalam hal ini Kabupaten Pringsewu mengikutsertakan Asisten II Jhondrawadi,M.M. , M. Riza Fahlevy,M.M(Diskominfo) , Tejo Admaja(Disdukcapil) , untuk dapat mengikuti pendampingan intensif terkait SIPP dan SP4N lapor. Sesuai dengan UU no. 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik kemenpan RB ditugaskan untuk dapat merumuskan kebijakan nasional yang dapat mensupport pelayanan publik di daerah. Kebijakan strategis terkait pelayanan publik digital yang ingin dibahas dalam pendampingan intensif yaitu aplikasi SIPP dan SP4N LAPOR. Hal tersebut diharapkan mampu menjawab tantangan pemerintah di era digital ini serta dapat mentransformasikan ruang lingkup penyelenggaraan pelayanan publiksecara efektif, efisien dan terintegritas secara nasional melalui kebijakan peraturan menteri pemberdayaan aparatur negara &reformasi birokrasi. Dlm apkikasi SIPP pemerintah diwajibkan untuk mempublish penyelenggaraan pelayanan publik, kedepannya aplikasi ini dapat menjadi big data informasi terkait pelayanan publik yang terintegritas secara nasional. Sedangkan untuk aplikasi LAPOR saat ini sudah dikembangkan pada tahap versi 3.0 dimana pada aplikasi ini memberikan fitur-fitur kemudahan kepada masyarakat sebagai penerima manfaat untuk dapat memantau status penanganan setiap laporan yang telah disampaikan dan adanya instansi yang terlapor. Dalam mengefektifkan pengelolaan pengaduan nasional yang terintegritas melalui aplikasi LAPOR, kelak LAPOR akan menjadi aplikasi umum SPBE lewat perpres 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik. Dengan kegiatan pendampingan ini diharapkan dapat mewujudkan bentuk Komitmen Pelaksanaan Pelayanan Publik untuk Provinsi/Kabupaten/Kota yang baik melalui keterhubungan dengan aplikasi SIPP dan SP4N LAPOR dengan baik nya pelayanan publik diharapkan kesejahteraan masyarakat makin baik dan percepatan pembangunan pembangunan pemerintah di daerah juga lebig baik. (*/Kominfo_psw/Reza)