BERITA
  • 14 September 2022
  • 0 Komentar
  • 38 Kali Dilihat
Negara Wajib Jamin Ketersediaan Pangan

PRINGSEWU - Pangan merupakan hal yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup umat manusia. OIeh sebab itu, pangan ditetapkan sebagai bagian dari hak asasi manusia yang ketersediaannya wajib dijamin oleh negara.

Demikian dikatakan Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah, S.E., M.M., dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Drs.Heri Iswahyudi, M.Ag., saat membuka Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia di Taman BMJ Wonodadi, Gadingrejo, Pringsewu, Rabu (14/09/2022).

Menurutnya, konsumsi pangan yang baik sangat mempengaruhi terwujudnya SDM yang berkualitas guna menunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang sehat, aktif, cerdas dan produktif. "Konsumsi pangan yang berkualitas dapat diwujudkan apabila makanan yang dikonsumsi sehari–hari mengandung zat gizi lengkap dan berimbang, serta memperhatikan citarasa, daya cerna, daya terima serta daya beli masyarakat, dimana pola tersebut kita kenal dengan pola konsumsi pangan sehat atau dengan istilah Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), yang perlu kita sosialisasikan dari tingkat menengah sampai pada tingkat terkecil dalam kelompok masyarakat yaitu keluarga", ujarnya, pada kegiatan yang dihadiri Kadis Ketahanan Pangan M.Khotim, S.Pd., S.E., beserta jajaran pemerintah daerah, TP-PKK dan Forkopimda setempat.

Penjabat Bupati melalui Sekdakab Pringsewu berharap melalui Lomba Cipta Menu B2SA yang merupakan kolaborasi antara TP-PKK dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pringsewu dapat menumbuhkan kreativitas untuk mengolah potensi pangan lokal yang sebelumnya tidak bernilai ekonomi, namun sebenarnya jika diolah dengan baik dapat memberikan nilai tambah untuk keluarga, yang pada akhirnya jika diolah dengan inovasi dan kreatifitas yang baik, dapat meningkatkan kualitas gizi masyarakat, sekaligus sebagai upaya peningkatan pendapatan keluarga dan masyarakat Kabupaten Pringsewu.

Lomba ini, lanjut dia, juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan serta mendorong kreativitas masyarakat dalam menciptakan menu makanan yang beragam, bergizi seimbang dan aman, dengan memanfaatkan potensi pekarangan sebagai sumber pangan keluarga. "Juga merupakan wadah yang sangat tepat untuk menunjukan kepada masyarakat luas bahwa para wanita di Kabupaten Pringsewu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) mempunyai potensi dan kemampuan untuk menciptakan menu yang kreatif dan inovatif dengan menitik beratkan pada konsep beragam, bergizi, seimbang dan aman", katanya.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk terus berkarya dengan penuh kreatifitas, untuk menciptakan ide-ide baru yang menarik dalam mengolah, meracik, serta menata dengan penuh variasi makanan yang berbahan dasar pangan lokal non-beras sehingga olahan makanan yang dihasilkan akan meningkatkan nilai daya tariknya. (*/Diskominfo Pringsewu)