BERITA
  • 20 Oktober 2022
  • 0 Komentar
  • 27 Kali Dilihat
Pj. Bupati Pringsewu Hadiri Germas, HCTPS dan Aksi Cegah Stunting di Sukoharjo

SUKOHARJO - Pj. Bupati Pringsewu menghadiri acara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia serta Aksi Cegah Stunting di Lapangan Kecamatan Sukoharjo, Jumat (20/10/22).

Dalam sambutanya, Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah mengatakan saat ini Indonesia tengah menghadapi tantangan besar masalah kesehatan yakni triple burden, karena masih adanya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular, dan penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi namun muncul kembali. "Perubahan gaya hidup masyarakat menjadi salah satu penyebab terjadinya pergeseran pola penyakit ini," katanya.

Kementerian Kesehatan, kata Adi pada acara yang dihadiri jajaran pemkab, forkopimda, ketua DWP, camat dan uspika serta KUPT puskesmas setempat, memiliki program khusus untuk mengingatkan masyarakat agar menjaga kesehatan melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat guna mewujudkan Indonesia Sehat. "Germas ini bertujuan agar masyarakat membiasakan berperilaku hidup sehat dengan mengedepankan upaya promotif dan preventif tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dalam memasyarakatkan paradigma sehat," ujarnya.

Terkait peringatan Hari Cuci Tangan Pangan Sedunia dan Aksi Cegah Stunting, meurutnya merupakan perilaku sederhana, namun memiliki dampak luar biasa dalam pencegahan penyakit menular, yang perlu dikampanyekan kepada seluruh lapisan masyarakat, agar mengetahui manfaat nyata Cuci Tangan Pakai Sabun secara rutin dan bersama-sama mencegah stunting. (*/ Isnanto Hapsara, S.Kom.)